Sunday, March 27, 2016

SEJARAH TEKNOLOGI GAME

TUGAS Pengantar Teknologi Game #1

Sejarah Teknologi Game

Pada postingan kali ini saya akan mencoba membahas tentang permainan (Game), selamat membaca...
  • Sejarah
Asal usul permainan video/video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Game sederhana ini dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann yang kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan, secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pun turut bertambah.
Estle Ray Mann

Thomas T. Goldsmith Jr.
Game pertama yang telah dibuat adalah Pong, Pong adalah permainan video generasi pertama yang dirilis sebagai permainan arkade yang dioperasikan dengan koin yang dikembangkan oleh Atari Inc. pada tanggal 29 November, 1972.Pong didasari dari permainan atau olahraga tenis meja (Ping pong), nama permainan ini berasal dari suara yang dihasilkan ketika memukul bola ping pong. Kata Pong telah didaftarkan sebagai merek dari Atari Interactive.

Pong dengan cepat menjadi permainan komersial pertama yang sangat sukses, dan merupakan permulaan dari industri permainan video. Tak lama setelah dirilis, beberapa perusahaan berusaha menyalin permainan Pong, dan merilis beberapa permainan baru. Sehingga, Atari memberanikan pegawainya untuk membuat permainan yang lebih inovatif. Beberapa sekuel muncul dengan permainan yang sama, namun dengan fitur baru. Pada permulaan Natal 1975, Atari secara eksklusif merilis versi rumahan Pong via toko ritel Sears.

Pada dasarnya Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran. Game edukasi dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan, untuk belajar mengenal warna, mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing.

Pada perkembangan teknologi game ini ada beberapa generasi, yaitu:
lanjut ke postingan Perkembangan Teknologi Game .
Mengutip dengan tambahan dari :
data pribadi

-Internet :
id.wikipedia.org.Pong. 27 Maret 2016 Pukul 14.41 WIB
waston.wordpress.com.Game .14 Maret 2016 Pukul 12.58 WIB

Wednesday, February 24, 2016

TAK TAU TERIMAKASIH


Tak kenal lelah, selalu mengajak berkumpul di waktu senggang,
 Tak tau marah atau senang, yang terlihat hanya ekspresi yang tenang.
dengan obrolan bebrbobot yang terus diingat sampai sekarang.
Tak tau balasan apa yang harus diberikan.
Tak tau berapa banyak terimakasihku yang harus diucap.
Tak tau,
Tak tau,
dan tak tau.

Yang berjuang kini akhirnya tumbang, 
melawan penyakit yang tiba-tiba menyerang.

Setiap yang bernyawa pasti akan mati, 
Setiap yang pergi pasti akan berpulang.
Tentu,berpulang kepada-Nya.
Tak tau misteri apa yang disimpan-Nya.
Hanya memilih orang-orang yang gemilang.

Tak menyangka orang itu yang telah berpulang.
Terimakasih kak, telah membuat banyak cerita untuk dikenang.
Semoga dakwahmu, dibalas surga yang lapang. 

Best Regards,
Bayu 17

Monday, November 9, 2015

DESAIN PEMODELAN GRAFIK

TUGAS Desain Pemodelan Grafik #2

Pemodelan Desain Grafik

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu Pemodelan Desain Grafik .

Selamat membaca..
  • Interaksi Manusia dan Komputer 

Human–Computer Interaction (HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.

Tuesday, October 6, 2015

PEMODELAN DESAIN GRAFIK

TUGAS Desain Pemodelan Grafik #1

Pemodelan Desain Grafik


Pada postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai Desain Grafis, mulai dari pengertian, unsur, dan tujuan dari tema ini.
Selamat membaca.
  • Apa itu Desain dan Pemodelan Grafik?
Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).

Jadi, Desain pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.

Sunday, June 21, 2015

MEDIA SOSIAL

TUGAS Pengantar Web Science #5

Media Sosial
Pada postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai media sosial,tetapi hanya beberapa contoh media sosial yang akan dijelaskan kali ini yaitu : Facebook, Twitter, Path, dan Instagram, tentunya banyak dari kalian yang sudah mengetahuinya. Sehingga pada posting-an kali ini saya tidak akan menjelaskan secara detil, melainkan kelebihan dan kekurangannya saja.
Selamat membaca.....
  • Apa itu Media Sosial?
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pada saat ini banyak dari kaula muda yang ingin eksis ataupun sekadar membagi cerita dan kegiatannya di internet, sehingga muncul lah  situs-situs maupun aplikasi berbasis telepon pintar yang membantu  menyalurkan kreativitas mereka, antara lain Facebook, Twitter, Path, dan Instagram.

Sunday, April 19, 2015

TUTORIAL MEMBUAT BLOG

TUGAS Pengantar Web Science #4

Cara Membuat  Blog Lewat Blogger Menggunakan Akun G-mail
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara-cara membuat blog dari blogger atau kita lebih sering mendengar dengan sebuatan blogspot,dalam hal ini saya akan menjadikan blog ini sebagai contohnya.
Selamat membaca....
  • Langkah ke-1 :

Buat akun gmail bagi kalian yang belum memiliki akun tersebut caranya :
*note : untuk kalian yang sudah memiliki akun gmail bisa langsung menuju langkah ke-2.

Buka G-mail
Pilih Buat Akun
Isikan data diri,biasanya saat mengis data diri kalian akan diminta untuk memasukkan No.Hp yang nantinya pihak google akan mengirimkan pesan berupa kode verifikasi.
  • Langkah ke-2 :

Buka Blogger
Tampilan setelah login, kotak biru menunjukan jumlah postingan dan kotak merah merupakan 3 hal penting untuk melakukan proses blogging.

Pada kotak berwarna biru terdapat logo pensil yang digunakan untuk menulis di blog kita, view blog untuk melihat tampilan blog kita, dan yang di kotak merah berisi bermacam-macam menu pilihan diantaranya untuk melihat posting-an apa saja yang suda kita buat pengaturan layout, template ,dan lainnya.

Menu Overview : memberikan informasi pada kita sudah seberapa banyak yang sudah mengunjungi blog kita hari ini, kemarin, minggu kemarin, bulan kemarin, tahun kemarin, bahkan saat awal kita membuat blog. 
Menu Post : digunakan untuk melihat postingan apa saja yang telah kita buat sebelumnya,dari sana kita bisa mengupdate atau menghapus post-post yang telah kita buat.
Menu Stats : hampir sama dengan menu overview namun disini dijelaskan lebih rinci.
Menu Layout : menjelaskan tampilan blog kita,kita dapat menyesuaikannya sesuai dengan selera kita,walaupun begitu hanya terdapat beberapa pilihan saja dalam artian pilihannya terbatas.
Menu Template : digunakan untuk mengindahkan tampilan blog kita dimulai dari pengaturan backgrount, model font, warna font, dan lainnya.
Menu Setting : digunakan untuk melakukan pengaturan pada blog.

Tampilan Layout1
Tampilan Layout2
Tampilan Template
 Pada bagian ini dibutuhkan kreatifitas kita untuk membuat blog kita menjadi suatu blog yang menarik dari segi tampilan,untuk melakukan itu kita dapat memilih costumize.
Panah merah berisi tampilan-tampilan apa saja yang dapat kita ubah dan apabila kita sudah selesai meng-edit kita pilih yang ditunjuk oleh panah biru

Apabila kita ingin menambhakan tampilan seperti menu drop down , link menuju sosmed kita dapat memilih menu Edit HTML dan memasukkan listingannya.

Contoh Listing link menuju Sosmed (Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain-lain)

  • Langkah ke-3 :

Kemudian pada halaman ini lah kita mulai menulis sesutau yang menarik yang baik untuk dibaca tentunya tidak mengandung unsur SARA dan Pornografi, tidak dibenarkan juga tindakan plagiatisme. 
  • Tampilan Akhir


Mengutip dengan tambahan dari :
data pribadi
- Buku
Iriawan ,Freddy . Panduan Membuat Blog di Blogspot.
Krisianto, Andy . Jago Ngeblog dengan WordPress dan Blogspot . PT Elex Media Komputindo : Jakarta.

-Internet :
Saputra ,Abaihi . Cara Membuat Blog Sangat Mudah. 19 April 2015 . Pukul 11.07 WIB

ARSITEKTUR WEBSITE

TUGAS Pengantar Web Science #3

ARSITEKTUR WEBSITE

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.

Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi.

Suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetika dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.

Saturday, April 18, 2015

ASPEK HUKUM DAN KEAMANAN PADA WEB

TUGAS Pengantar Web Science #2


ASPEK HUKUM DAN KEAMANAN PADA WEB

Pada postingan kali ini saya akan memcoba membahas tentang aspek hukum dan keamanan pada web. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui arti dari masing-masing kata tersebut, "Aspek" dalam KBBI memiliki arti Sudut Pandang , sedangkan hukum sendiri memiliki arti peraturan secara resmi dianggap mengikat yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah selain itu dapat diartikan pula sebagai patokan, di Indonesia sendiri sumber hukum terkuat berasal dari undang-undang. Kemudian kita akan membahas mengenai keamanan pada web, pada postingan kali ini saya bukan membahas tentang cara-cara membentengi web dari para hackers atau lainnya, melainkan akan membahas tentang hal-hal yang melindungi web (keamanan pada web) dari segi hukum.
Selamat membaca...
  • Hukum Cyber (Cyberlaw)
Istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi. Istilah lain yang juga digunakan adalah hukum Teknologi Informasi (Law of Information Techonology) Hukum Dunia Maya (Virtual World Law) dan Hukum Mayantara. Istilah-istilah tersebut lahir mengingat kegiatan internet dan pemanfaatan teknologi informasi berbasis virtual. Istilah hukum cyber digunakan dalam tulisan ini dilandasi pemikiran bahwa cyber jika diidentikan dengan “dunia maya” akan cukup menghadapi persoalan ketika terkait dengan pembuktian dan penegakan hukumnya. Mengingat para penegak hukum akan menghadapi kesulitan jika harus membuktikan suatu persoalan yang diasumsikan sebagai “maya”, sesuatu yang tidak terlihat dan semu. Di internet hukum itu adalah cyber law, hukum yang khusus berlaku di dunia cyber. Secara luas cyber law bukan hanya meliputi tindak kejahatan di internet, namun juga aturan yang melindungi para pelaku e-commerce, e-learning; pemegang hak cipta, hak merek dagang, hak paten, e-signature, dan masih banyak lagi.berikut adalah macam-macam aspek hukum yang ada :
a.      Aspek Hak Cipta
Hak cipta yang sudah diatur dalam UU Hak Cipta. Aplikasi internet seperti website dan email membutuhkan perlindungan hak cipta. Publik beranggapan bahwa informasi yang tersebdia di internet bebas untuk di-download, diubah, dan diperbanyak. Ketidakjelasan mengenai prosedur dan pengurusan hak cipta aplikasi internet masih banyak terjadi.

b.       Aspek Merek Dagang
Aspek merek dagang ini meliputi identifikasi dan membedakan suatu sumber barang dan jasa, yang diatur dalam UU Merek.

c.      Aspek Fitnah dan Pencemaran Nama Baik
Hal ini meliputi gangguan atau pelanggaran terhadap reputasi seseorang, berupa pertanyaan yang salah, fitnah, pencemaran nama baik, mengejek, dan penghinaan. Walau semua tindakan tadi dilakukan dengan menggunakan aplikasi internet, namun tetap tidak menghilangkan tanggung jawab hukum bagi pelakunya. Jangan karena melakukan fitnah atau sekedar olok-olok di email atau chat room maka kita bebas melenggang tanpa rasa bersalah. Ada korban dari perbuatan kita yang tak segan-segan menggambil tindakan hukum.

d.       Aspek Privasi
Di banyak negara maju dimana komputer dan internet sudah diaskes oleh mayoritas warganya, privasi menjadi masalah tersendiri. Makin seseorang menggantungkan pekerjaannya kepada komputer, makin tinggi pula privasi yang dibutuhkannya. Ada beberapa persoalan yang bisa muncul dari hal privasi ini.

e.       Asas-asas Yurisdiksi dalam Ruang Cyber
Dalam ruang cyber pelaku pelanggaran seringkali menjadi sulit dijerat karena hukum dan pengadilan Indonesia tidak memiliki yurisdiksi terhadap pelaku dan perbuatan hukum yang terjadi, mengingat pelanggaran hukum bersifat transnasional tetapi akibatnya justru memiliki implikasi hukum di Indonesia.